photo new5.png

Senin, 29 Juli 2013

KELUARGA KRISTEN YANG MENJADI BERKAT




Kita hidup di tengah masyarakat. Sebagai keluarga Kristen kita diberi mandat oleh Tuhan agar menjadi berkat di tengah masyarakat. Bagaimana caranya agar keluarga kita bisa menjadi berkat di tengah masyarakat? Ada tiga hal yang diajarkan Firman Tuhan:

1. Hidup dengan penuh hikmat
Agar menjadi berkat di tengah masyarakat, maka orang Kristen harus hidup dengan bijaksana. Dalam Titus 2:1-6 ada keterangan tentang bagaimana hidup orang Kristen yang berhikmat/bijaksana di tengah masyarakat. Kaum pria dianjurkan untuk hidup sederhana, terhormat, bijaksana, sehat dalam iman, dalam kasih dan dalam ketekunan. Kaum wanita dianjurkan untuk hidup sebagai orang-orang beribadah, tidak memfitnah, tidak menjadi hamba anggur, cakap mengajarkan hal-hal yang baik, hidup bijaksana dan suci, rajin mengatur rumah tangganya, baik hati dan taat kepada suaminya. Sedangkan kaum muda dianjurkan untuk menguasai diri dalam segala hal.

2. Pergunakan waktu yang ada
Apa arti pergunakan waktu yang ada? Kata “waktu”dalam bahasa aslinya (Yunani) adalah: kairos (kesempatan). Dalam terjemahan bahasa Inggris: “make the most of every opportunity” (pergunakan sebaik-baiknya setiap kesempatan). Setiap kesempatan hanya datang satu kali dalam hidup kita dan tidak akan datang untuk kedua kalinya. Oleh karena itu kesempatan yang datang dalam hidup kita (baik berkaitan dengan pekerjaan maupun pelayanan) harus kita pakai dengan sebaik-baiknya.

3. Mengucapkan kata-kata yang membangun
Dalam Efesus 4:29 dikatakan bahwa kata-kata yang membangun bertujuan: “supaya yang mendengarnya beroleh kasih karunia.” Kata-kata kita mempunyai kekuatan yang luar biasa, yang bisa mempunyai efek besar dalam hidup orang lain, baik bersifat negatif maupun positif. Dengan kata-kata kita, kita bisa membangun, menguatkan dan memberi semangat kepada orang lain. Sebaliknya dengan kata-kata pula, kita bisa menimbulkan kepahitan, kepedihan dan meruntuhkan semangat hidup orang lain. Karena itu pakailah kata-kata kita untuk memberkati orang lain.

Marilah dengan hidup bijaksana, mempergunakan waktu dengan baik, dan mengucapkan kata-kata yang membangun kita menebarkan berkat kepada orang-orang di sekitar kita. Maka hidup kitapun akan semakin melimpah dengan anugerah Tuhan. Amin.

2 komentar:

Posting Komentar